Setiandew Wedding | Review Vendor Bandung 2017

vendor 1

Udah hampir 9 bulan pernikahan baru sempet bikin reviewnya sekarang. Hahahaha :)) it’s okay lah ya. Semoga review-nya belum basi-basi amat dan semoga bermanfaat buat para Bride-To-Be <3 BTW ini review singkat & budgeting ya. Review lengkap per-vendor bakalan ada juga terpisah.

Oh ya, persiapan weddingku itu kurang lebih 8 bulan, dari bulan Agustus 2016 dan nikahnya tanggal 19 Februari 2017. Inget ya, 8 bulan persiapan itu cukup dadakan. Buat kalian yang mau aman, yang mau dapet semua yang diinginkan itu minimal 1 tahun persiapan. Satu lagi yang perlu kalian tau, Vendor-Vendor aku itu alhamdulillahnya saling berteman hahaha jadi enak banget dan enjoy banget kedepannya. Perlu kalian inget juga aku booking para vendor di tahun 2016, untuk pernikahan di tahun 2017, pasti semua harga sudah berubah sekarang. Well, straight to the point, inilah tahapan yang aku & suami lakukan…..

 

POLAR Photograph

polar

Begitu fix bulan nikahan kapan, aku langsung kontak Polar. Pada jamannya hingga sekarang siapa yang gatau Polar sih di Bandung? Untungnya aku kenal sama Tim Polar karena mereka sempet jadi Tim Videographernya Prelo (kantorku dulu, kantor suamiku hehe). Bilang lah tuh aku ke mereka “A, aku mau nikah awal bulan Februari!”. Terus kata mereka, “Wah penuh Dew! Gimana dong 🙁 Eh ada nih kosong 19 pagi”. Terus kata aku, “Oke fix aku tanggal 19 ya!”. Hahahaha jadi itulah alasan kenapa weddingku tanggal 19 Februari 2017. Belom ada gedung, belom ada apa-apa, kocak sih. Ampe di bantuin Polar cari gedung dimana.

Polar menawarkan beberapa pilihan paket dan aku pilih paket Minimalis All Package dengan harga Rp 11.000.000,- yang dimana harga aslinya itu Rp 13.000.000,-. Lumayan diskon 2jt hehe. Itu aku udah dapet semuanya mulai dari dokumentasi Lamaran, Pre-Wedding, dan Akad & Resepsi.

 

Naire Wedding Project

naire

Dari belum pasti nikahnya kapan, aku udah fix banget nikah mau didandanin sama Teh Iren (@irenaldriana) hingga akhirnya dapet paketan lama dan dapet baju baru hehe. Naire itu timnya ada 2, ada Teh Nanath (@nanathnadia) dan ada Teh Iren. Karena lamaran aku sudah didandanin Teh Nanath, biar adil jadi nikah sama Teh iren. Hahaha.

Di Naire aku ambil paket Wedding Package dengan harga Rp. 19.500.000,-. Itu udah all in attire & makeup pengantin + hand bouquet, orang tua, pager ayu, pager bagus, dan bonus makeup keluarga 2 orang. Terus paketnya juga include MC akad & resepsi dari Kang Donni, Upacara Adat Mapag Pengantin + gamelan live pengiring mapag pengantin dari Mitra Seni Inten Dewanggga dan upacara adat sarupaning sawer, nincak endog, meuleum harupat, meupeus kendi, huap lingkung, pabetot hayam bakakak. Oh lupa, dapet plus perawatan pra-nikah CPW di Cendana Salon & Spa.

 

Gedung Serasan Sesko TNI

sesko-tni

Setelah berkeliling 3 hari full ampe aku & suami cuti kerja mencari lokasi, harga, dan tanggal yang sesuai akhirnya dapetlah Gedung Serasan Sesko TNI. Lokasinya di Jalan R.A.A. Marta Negara No.11, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263 (Maps klik disini). Agak kecewa karena ini bukan Plan A kami. Seperti yang udah aku bilang, persiapan H-8 bulan itu keitung dadakan. Aku gak dapet gedung yang aku mau.

Gedung Serasan ada 2 gedung gitu, Gedung Utama dan Gedung satunya agak kecil gitu. Antara Gedung ada terasnya gitu bisa dipake juga. Selain itu lokasinya sebelahan sama Masjid, jadi bisa dipakai juga untuk Akad. Kenapa pilih gedung ini selain karena harga dan ketersediaannya, interiornya aku suka soalnya satu tema warna sama weddingku. Ini adalah gedung termurah yang aku dapatkan, harganya Rp 18.500.000,-. Tambah kursi, AC, listrik, kebersihan dan peretelan lainnya total jadi Rp 21.000.000,-. Menarik bukan?

 

Megrashy Wedding Planner

megrashy

Aku perlu banget WO karena keluarga suami bukan berasal dari Bandung. Otomatis harus ada banget yang dampingin mereka. Akhirnya aku pilih WO cuma untuk di Hari H acara aja. Sempet direkomendasiin sama Teh Iren, buat pake Megrashy aja. Bagus dan kebetulan yang punya temennya Teh Iren. Akhirnya cus deh ke kantornya Megrashy.

Sebenernya paket yang ditawarkan sama Megrashy cukup banyak, tapi karena cuma butuh WO hari H dan jumlah tamu aku sekitar 1000 orang jadi aku ambil Paket 1 dengan harga Rp 8.000.000,-. Segala urusan dan keperluan hari H aku hingga teknis dilapangannya semuanya diurus sama mereka. Aku & keluarga udah gak mikirin apa-apa lagi. Review lengkap tentang Megrashy bisa klik disini.

 

Zhafira Catering & Decoration

zhafira

Aku gak banyak keliling cari Catering, tapi yang jelas aku mau Catering yang dekornya udah lumayan biar gak perlu tambahan vendor dekor. Akhirnya nemu lah si Zhafira ini, kebetulan emang temen Kakak-ku juga yang punya, jadi e-n-j-o-y bisa banget minta segala macem, dibonusin segala macem. Hehe.

Prinsip suami gak mau makanannya banyak-banyak, malah dia mau pesen 700 porsi aja. Dalem hati sih iya duit lo tapi gak gitu juga kali. wkwkwk. Akhirnya ambil paket 1000 porsi dengan harga Rp 65.000.000,- lebih menarik lagi bukan? 🙂 Udah dapet buffet, stall 5, dessert 4, plus sarapan 100 porsi untuk tamu yang hadir akad. Dekornya juga udah gaperlu ditanya lagi, udah dapet full dekorasi gedung, pelaminan, meja penerima tamu, 3 photobooth.

 

Ideasi Kreasi

ideasi-kreasi

Sempet bingung awalnya mikir ngapain lah bikin undangan bagus-bagus, orang buat undangan dari orang tua aja. Karena niatnya pengen weddingku super IT gitu berhubung suami emang kerjanya begituan hehe. Kalo mau liat website undangan nikahan ku bisa visit setiandew.com ya 🙂 itu suamiku yang bikin hehe.

Begitu awal nemu Ideasi Kreasi langsung jatuh cinta huhuhu rasanya seperti fix aku mau buat undangan disini! Akhirnya ngobrol-ngobrol maunya gimana terus jadilah undangan super yang aku mau, klik disini ya buat liat undangannya <3 tebak harga? Itu cuma Rp 9.250,-/pcs lho. Aku pesen 300pcs jadi total Rp 2.775.000,-Harga itu udah include undangan, plastiknya, label, thankyou card, sama kartu buat tuker souvenir ya.

 

Swee The Art

swee-the-art

Ini adalah vendor terjauh haha dari Bogor, Sissss… Hasil pencarianku di Bandung, gak nemu tuh totebag blacu, sablon 1 sisi 1 warna, ukuran 30x30cm dengan harga Rp 4.750,-/pcs-nya. Hingga akhirnya sampai ke Bogor. Ini dia souvenir nikahanku (klik disini), BTW udah include packaging ya. Aku pesen 4 design, 1 designnya bikin 250pcs,  jadi total 1000pcs abis Rp 4.750.000,-

Sempet degdegan aduh ini bener gak ya gitu, karena cuma bermodal pencarian via Instagram. Tapi alhamdulillah ampe Aa-nya loh yang anter pesenanku ke Bandung. TOP BGT kan?

 

Ghea & Friends

ghea-and-friends

Gak lengkap kan kalau gak ada hiburan? Akhirnya aku pilihlah Teh Ghea buat jadi wedding singer-ku. Sebetulnya dia kenalannya sahabat aku, mereka dulu les vocal bareng gitu. Untuk penyanyi, beserta pemain-pemain musiknya aku habis Rp 7.000.000,- itu dapet keyboard, guitar, saxo, cahon, bass, vocal woman. Awalnya aku yaudahlah formalitas doang, eh tapi seru juga bikin song list buat pas acara 🙂

 

 

Others

Seserahan

Aku pake 2 vendor seserahan, Marileane & Atelier. Marileane buat seserahan dari suami ke aku. Harganya paling murce sebandung karena tergantung ukuran box yang dipesan, start from Rp 30.000,-. Kalo Atelier itu aku pake buat angsul-angsul, yaitu hantaran dari aku buat suami. Atelier agak lumayan harganya yaitu Rp 75.000/box, cuma dia stoknya banyak banget dan waktu itu dia sanggup kerjain H-1.

 

KUA

Hal penting lainnya yang gak boleh kalian lupa itu Biaya KUA. Sebetulnya sih katanya gratis, tapi aku abis Rp 1.000.000,- lah untuk biaya KUA. H-3 bulan kalau bisa udah tanya-tanya ya ke KUA, karena lumayan banyak yang harus disiapin apalagi kalau kita & suami beda domisili. Jangan lupa juga foto buku nikahnya yang niat, 1x seumur hidup lho!

 

Bridesmaid & Groomsman

Ini juga turut menyita anggaran. Aku belanja kain untuk Bridesmaid ku di Sandang Murah Tekstil, lokasinya ada di Jalan Simpang No.22, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251. Gampangnya, sebelah pintu masuk parkir Yogya Kepatihan ada jalan, nah masuk situ. Setelah hasil survey disitu paling murah. Tapi gak banyak pilihan kain, kebetulan aku cuma beli kain Roberto Cavalli harganya Rp 33.000,-/meter. Di tempat lain harganya Rp 35.000 – Rp 45.000, lumayan kan?

 

Yap segitu aja review singkatnya semoga membantu! 🙂

 

Leave a Reply